TOKOH TOKOH DUNIA

Galileo Galilei ( 1564 – 1642 )


Galileo lahir di Pisa Tahun 1564. Selagi muda belajar di Universitas Pisa tetapi terhenti karena urusan keuangan. Meski begitu, tahun 1589 dia mampu dapat posisi pengajar di Universitas itu. Beberapa tahun kemudian dia bergabung dengan Universitas Padua dan menetap disana hingga tahun 1610. Dalam masa ini lah dia menciptakan tumpukan penemuan-penemuan ilmiah.
Sumbangan penting pertamanya di bidang mekanika. Aristoteles mengajarkan bahwa benda yang lebih berat jatuh lebih cepat ketimbang benda yang lebih ringan. Tetapi Galileo lewat serentetan eksperimen dia membantah pendapat aristoteles itu.

Cristopher Colombus ( 1451 – 1506 )


Colombus dilahirkan di Genoa Itali tahun 1451. Ketika berangkat dewasa, dia menjadi nahkoda kapal dan seorang navigator yang cekatan. Colombus yakin, tidak mustahil menemukan jalan lebih praktis ke daerah Asia di timur dengan cara berlayar ke arah barat melintasi Samudra Atlantik dan dia dengan tekun merintis tekadnya. Karena itulah Colombus membujuk Ratu Isabelalla I menyediakan anggaran untuk ekspedisi percobaannya.
Kapalnya melepas sauh di pelabuhan Spanyol tanggal 3 Agustus 1492. Melabuh pertama di kepulauan Canary di lepas pantai Afrika. 

KARL MARX ( 1818 – 1883 )

Karl Marx pelopor utama gagasan “sosialisme ilmiah” dilahirkan tahun 1818 di kota trier, Jerman. Ayahnya ahli hukum dan di umur tujuh belas tahun Karl masuk Univrsitas Bonn, juga belajar hukum. kemudian dia pindah ke Universitas Berlin dan kemudian dapat gelar Doktor dalam ilmu filsafat dari Univrsitas Jena.
Karl Marx lebih tertarik ke dunia jurnalistik dan sebentar menjadi redaktur Rheinische Zeitung di Cologne. Tapi pandangan politiknya yang radikal menyeretnya ke dalam kesulitan dan memaksanya pindah ke Paris. Dan di Paris lah di pertama bertemu dengan Friederich Eagels

Euclid ( ± 300 SM )

Tidak banyak orang yang beruntung memperoleh kemasyhuran yang abadi seperti Euclid, ahli ilmu ukur Yunani yang besar. Meskipun semasa hidupnya tokoh-tokoh seperti Napoleon, Martin Luther, Alexander yang agung, jauh lebih terkenal ketimbang Euclid tapi dalam jangka panjang ketenarannya mungkin mengungguli semua yang di sebut diatas. 

Albert Einstein (1879 – 1955)

Albert Einstein adalah seorang ilmuan terhebat abad ke-20. Cendikiawan tak ada tandingannya sepanjang jaman. Termasuk karena teori “ relativitas ‘ –nya. Sebenarnya teori inni merupakan dua teori yang bertautan sat sama lain : Teori Khusus “ relativitas “ yang dirumuskannya tahun 1905 dan teori umum “ relativitas “ yang dirumuskannya tahun1915, lebih dikenal dengan gaya berat Einstein. Kedua teori ini teramat rumit, karena itu bukan tempatnya disini menjelaskannya. 

Ts’ai Lun

penemu bahan kertas Ts’ai Lun besar kemungkinan sebuah nama yang asing kebenarannya. Menimbangkan betapa pentingnya penemuannya, amatlah mengherankan orang-orang barat meremehkannya begitu saja. Tidak sedikit ensiklopedia besar tidak mencantumkan namanya barang sepatah kata pun. Ini sungguh keterlaluan.

ISAAC NEWTON (1642 – 1727)

Isaac Newton, ilmuan paling besar dan paling berpengaruh yang pernah hidup di dunia lahir di Woolsthrope, inggris tahun 1642, bertepatan dengan wafatnya Galileo. Dia lahir sesudah ayahnya meninggal. Di masa bocah dia sudah menunjukan kecakapan yang nyata di bidang mekanika dan teramat cekatan menggunakan tangannya.meskipun anak dengan otak cemerlang, disekolah tampaknya ogah-ogahan dan tidak banyak menarik perhatian. Pada umurnya delapan belas dia masuk uiversitas Cambridge. Di sinilah newton secara kilat menyerap apa yang kemudian terkenal dengan ilmu pengetahuan dan matematika dan dengan cepat pula mulai melakukan penyelidikan sendiri.antara umur 21 dan 27 tahun dia sudah meletakan dasar-dasar teori ilmu pengetahuan yang pada gilirannya kemudian merubah dunia. Continue reading ‘ISAAC NEWTON (1642 – 1727)’

0 komentar:

Posting Komentar